Banyak orang yang belum mengerti tentang kearsipan, bahkan banyak yang belum mengenal apa itu Kearsipan. Hanya sebagian alias orang-orang tertentu yang mengerti tentang Kearsipan. Ada beberapa orang yang bila di tanya tentang Kearsipan biasanya menjawab “Kearsipan apa ya? Wah baru denger nih, Arsip itu apa ya?”. Maka dari itu saya memilih nge-post blog ini dengan dasar tentang kearsipan. Agar setidaknya memberikan pengetahuan tentang Kearsipan ini.Nah.. kali ini saya akan mengenalkan kepada Anda, agar mengerti tentang Kearsipan, alangkah lebih baiknya kita semua dapat mengenal dan mengerti tentang Kearsipan. Biar kalau ditanya apa itu Kearsipan bisa menjawab. Hohoho..^^

Arsip merupakam sumber informasi atau rekaman informasi bagi kelangsungan hidup maupun sejarah suatu organisasi. Arsip berfungsi sebagi pusat ingatan, alat bantu pengambilan keputusan, bukti eksistensi organisasi, dan untuk kepentingan organisasi. Arsip bukan sesuatu yang direncanakan, Arsip adalah hasil efek samping dari sebuah kegiatan.

Pada dasarnya pengertian arsip sangat banyak, yaitu:

Arsip berasal dari bahasa yunani “Arche” yang berarti “permulaan”, menjadi “Ta Archia” selanjutnya menjadi “Archeon” yang berarti “Gedung Pemerintahan”, dan kemudian dalam bahasa latinnya berbunyi “Archivium”. (pengertian secara etimologi).

“Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga negara, pemerintahan daerah, lembaga pendidikan, perusahaan, organisasi politik, organisasi kemasyarakatan, dan perseorangan dalam pelaksanaan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara”. (Undang-Undang No.43 Tahun 2009 tentang Kearsipan).

“Archief” diartikan segenap dokumen tertulis, gambar dan badan cetakan yang secara resmi diterima atau dihasilkan oleh suatu badan administrative atau oleh salah seorang pejabatnya dan sebegitu jauh dokumen-dokumen ini dimaksudkan untuk tetap berada dalam pemeliharaan badan-badan atau pejabat yang bersangkutan.(S.Muller (1848-1922) dan R.Fruin (1857-1955)).

"Archives diartikan sebagai dokumen yang disusun atau digunakan selama transaksi administrative dan eksekutif (pemerintah ataupun swasta) yang membentuk sebagian, dan kemudian dipelihara di tempat pemeliharaan guna informasi mereka oleh orang-orang yang bertanggung jawab atas transaksi itu dan penggantinya yang sah." (Sir Hilary Jenkinson).

"Archives diartikan sebagai dokumen yang disusun atau digunakan selama transaksi administrative dan eksekutif (pemerintah ataupun swasta) yang membentuk sebagian, dan kemudian dipelihara di tempat pemeliharaan guna informasi mereka oleh orang-orang yang bertanggung jawab atas transaksi itu dan penggantinya yang sah." (Eugenio Cassanova - Italy).

"Arsip sebagai segala kertas-kertas dan dokumen-dokumen yang tumbuh dari kegiatan legal atau niaga dari suatu badan atau badan hukum yang dimaksudkan untuk pemeliharaan kekal di empat tertentu sebagai sumber-sumber dan bukti masa lampau." (Arsiparis Jerman, Adolf Brenneke).

“A record is any form of recorded information. The information may be recrded on paper, microfilm, auditopes, videotapes, or any computer readable medium such as a computer tape or disk, a compact disk, or an optical disk”. (Susan Z. Diamond).

”Record” meliputi “paper”, financial statements, books, bound reports, magnetic tapes, photographic, microform, manual, works of art, and many more." (Mina M. Johnson dan Norman F Kallaus).

“A record is any form of recorded information”. The medium it self may be paper, film, microfilm, magnetic media or optical disk”. (Milburn D. Smith III).



sumber: materi kuliah semester 1

Comments (0)